SENSUS PENDUDUK 2020

Kecamatan Tasikmadu pada tanggal 17 Februari 2020 telah melaksanakan Rapat Sensus Penduduk tahun 2020 yang di selenggarakan langsung oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karanganyar, dimana acara rapat tersebut  di ikuti oleh Camat Tasikmadu Bapak Junaidi Purwanto SH.MM , Danramil Tasikmadu , Perwakilan dari Kapolsek Tasikmadu, Struktural Tasikmadu, serta seluruh Kepala Desa se Kecamatan Tasikmadu yakni terdiri dari 10 Desa.

Seperti yang kita ketahui Sensus Penduduk Yaitu Pendataan penduduk/warga secara menyeluruh yang dilaksanakan setiap 10 Tahun sekali, serta Data penduduk yang dikumpulkan dijamin keamanan dan kerahasiannya oleh undang-undang sesuai dengan UU Nomor 16 Tahun 1997 Tentang Statistik.

Dalam acara Rapat ini Bapak Camat Tasikmadu menyambut baik dan juga mendukung sensus ini dengan memberikan dukungan terhadap pelaksanaan sensus kemudian mengharap agar seluruh Kepala Desa mensosialisasikan ke tingkat Desa dengan memahami latar belakang, tujuan dan tahapan sensus penduduk melalui Online, Beliau juga mengharap agar masyarakat umum ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan sensus penduduk online.

Dalam rapat sensus penduduk tersebut juga dijelaskan mengapa di adakannya sensus penduduk yaitu guna untuk :
1. Mengetahui jumlah penduduk di suatu wilayah
2. Mengetahui karakteristik penduduk antara lain jenis kelamin, umur, pendidikan, dan pekerjaan
3. Dasar perencanaan dan evaluasi Pembangunan diberbagai bidang antara lain kecukupan jumlah sekolah , fasilitas kesehatan ,dan penyiapan lapangan kerja. serta sebagai dasar perencanaan untuk MEMBANGUN INDONESIA melalui Satu Data Kependudukan Indonesia.

Narasumber BPS Kabupaten Karanganyar menyampaikan Sensus Penduduk Online (SPO) bisa di mulai tanggal 15 Februari-31 Maret 2020 Penduduk dapat melaksanakan sensus secara mandiri melalui web sensus.bps.go.id , dan sensus penduduk wawancara mulai tanggal 1-31 Juli 2020 dengan petugas mendatangi warga yang belum melakukan sensus penduduk online. serta beliau menambahkan Pencacahan Sampel akan dilaksanakan pada Tahun 2021 dengan pengumpulan Data dan informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya yang telah lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *